logo blog

Tau gak Guys .. Buah Yang Memiliki Rasa Pedas Ini (( Cabe Merah )) Selain Untuk Bumbu Masak, Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan.. Berikut Infonya...

Tau gak Guys .. Buah Yang Memiliki Rasa Pedas Ini (( Cabe Merah )) Selain Untuk Bumbu Masak, Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan.. Berikut Infonya...


Nah, pada artikel kali ini kita bakal ulas tentang kandungan serta manfaat cabe merah untuk kesehatan serta obat herbal.

KANDUNGAN & SIFAT KIMIAWI 

Buah memiliki kandungan kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin (A, C), damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein. Selain itu, juga memiliki kandungan mineral, seperti zat besi, kalium, kalsium, fosfor, serta niasin.
Zat aktif kapsaisin bermanfaat juga sebagai stimulan. Bila seseorang konsumsi kapsaisin terlampau banyak bakal menyebabkan rasa terbakar di mulut serta keluarnya air mata.

Cabai terasa pedas, sifatnya panas. Buah bermanfaat stimulan, tingkatkan nafsu makan (stomakik), peluruh keringat (diaforetik), perangsang kulit, serta juga sebagai obat gosok.

INDIKASI 

Buah dipakai untuk penyembuhan : rematik, sariawan, sakit gigi, influenza, serta tingkatkan nafsu makan. 
Getah daun muda dipakai untuk : memudahkan persalinan. 

CARA PEMAKAIAN 

Untuk obat yang diminum, rebus atau keringkan 0, 5-1 g buah, lantas haluskan hingga jadi serbuk.
Untuk penggunaan luar, rebus 0, 5-1 g buah, lantas air rebusannya dipakai juga sebagai obat kompres. Selain itu, buah cabai bisa digabung dengan bahan lain untuk obat gosok. Getah daun muda dipakai untuk penyembuhan luka, bisul, serta sakit gigi. 

CONTOH PEMAKAIAN DI MASYARAKAT 

Menyembuhkan Rematik 
Seduh 10 g serbuk buah cabai merah dalam 1/2 gelas air panas. Aduk hingga rata serta diamkan sebagian menit. Hasil seduhannya dioleskan di bagian badan yang sakit.

Menyembuhkan Luka, bisul 
Oleskan minyak sayur pada sebagian helai daun cabai, lantas layukan diatas api kecil. Tempelkan daun cabai itu pada saat hangat di bagian kulit yang terluka.

Oke, itu dia sebagian manfaat serta manfaat cabe merah untuk kesehatan serta penyembuhan alami. Mudah-mudahan artikel ini berguna serta menaikkan wawasan Anda.
Semoga Bermanfaat...!!!

Share this:

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.

Tidak ada komentar

Copyright © 2015. MIXTUREZONE - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger