logo blog

WAJIB DI COBA DAN DAN DI LESTARIKAN TANAMAN INI...!!! UMBI GARUT TERNYATA SANGAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN... INI BUKTINYA..!!! (( BANTU SHARE YA ))

WAJIB DI COBA DAN DAN DI LESTARIKAN TANAMAN INI...!!! UMBI GARUT TERNYATA SANGAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN... INI BUKTINYA..!!! (( BANTU SHARE YA ))


Umbi garut sendiri, juga sebagai satu diantara type umbi-umbian yang mempunyai sangat banyak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Apapun kandungan gizinya? Di bawah ini yaitu beberapa kandungan gizi di dalamnya :

- Air
- Protein
- Serat
- Lemak
- Pati
- Abu
- Zat besi
- Magnesium
- Fosfor
- Kalium
- Vitamin B6
- Tiamina
- Riboflavin
- Folat

Walau bukan hanya merupakan salah satu type umbi-umbian yang populer seperti type singkong, kentang serta ubi jalar, akan tetapi nyatanya umbi garut mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Apapun manfaat dari umbi garut? Berikut ini yaitu beberapa manfaat dari umbi garut :

1. Sebagai sumber energi

Umbi garut adalah salah satu umbi yang mempunyai sumber daya tinggi. Dengan kandungan karbohidrat, lemak serta protein, umbi garut bisa membantu anda dalam penuhi kebutuhan daya anda setiap harinya.

2. Sebagai cadangan makanan pada saat krisis

Walau bukan merupakan salah satu jenis umbi yang jadikan bahan makanan pokok, akan tetapi manfaat umbi garut mempunyai manfaat jadi cadangan makanan ketika saat krisis. Biasanya dalam saat krisis sring berlangsung tidak berhasil panen maupun harga yang melonjak tinggi, hingga bikin banyaka makanan pook seperti beras jadi susah didapati. Karenanya, umbi garut merupaan salah satu solusi bakal keperluan pangan dalam menghadapi krisis.

3. Sebagai tanaman hias

Umbi garut juga memilki daun yang cantik serta kerap digunakan untuk jadi tanaman hias. Selain itu, umbi garut sendiri memilki bentuk yang unik serta kerap digunakan juga sebagai media lukis serta media memberi warna, dengan maksud hiburan serta hiasan.

4. Bisa di proses menjadi tepung

Manfaat umbi garut yang lain yaitu bisa di proses jadi tepung umbi garut. Tepun gumbi garut di buat sama seperti cara mebuat tepung biasanya. Umumnya tepung umbi garut di proses juga sebagai bubur, yang didapatkan pada orang yang tengah sakit atau tengah dalam saat pengobatan. Di mana orang itu masih tetap memerlukan banyak nutrisi, tetapi tidak bisa menelan makanan dengan baik dan sempurna.

5. Pati umbi garut juga sebagai dasar pembuatan bedak

Selain di buat menjadi tepung, sari pati dari umbi garut kerap juga digunakan sebagai salah satu bahan dasar pada pembuatan bedak. Beberapa pabrik pemrosesan serta produsen dari bedak kerap memakai pati dari umbi garut ini untuk keperluan bahan baku mereka.

6. Di buat juga sebagai bubur untuk pemrosesan pada pabrik pembuatan kertas

Selain digunakan oleh pabrik pembuatan bedak, umbi garut juga memilki faedah yang sangatlah baik utnuk menolong pabrik pemrosesan serta produksi kertas. Umumnya pabrik ini memakai bubur dari umbi garut untuk lalu di proses bersama dengan bahan lain yang lalu bakal membuahkan kertas yang kerap kita pakai sehari-hari.

Selain bisa digunakan untuk pembuatan kertas, biasanya pati dari umbi garut kerap juga digunakan dalam pabrik pembuatan karton, bantal serta jga papan tembok.

7. Ampas bekas pembuatan tepung umbi garut dipakai sebagai pakan ternak

Nyatanya manfaat umbi garut sangatlah berguna loh. Ya, ampas dari umbi garut kerap sekali digunakan jadi pakan ternak, terlebih sapi, kerbau serta kambing. Ampas dari umbi garut, walau sudaj di proses sedemikian rupa, tetapi masih tetap mempunyai nutrisi tinggi serta tentu bisa menghemat pengeluaran peternak untuk beli pakan.

8. Pengenyal serta pengental makanan

Tepung yang di buat dari umbi garut juga kerap digunakan juga sebagai pengenyal serta pengental berbahan makanan kita sehari-hari. Hal tersebut mempunyai manfaat yang nyaris serupa dengan tepung beras serta tepung maizena, di mana type tepung itu dapat untuk mengentalkan serta mengenyalkan makanan atau adonan.

9. Menyembuhkan permasalahan perut jika patinya digabung dengan air atau susu

Pati dari manfaat umbi garut yang di buat jadi bubur dengan memakai air atau memakai susu. Hal tersebut bisa menolong menyembuhkan serta mencegah timbulnya permasalahan di bagian perut, terlebih pada peradangan lambung serta sisi usus.

10. Buburnya digunakan untuk menyembuhkan luka

Selain bisa menolong menyembuhkan permasalahan perut, kombinasi dari pati serta air dengan umbi garut berguna juga yang baik untuk menyembuhkan luka luar. Kombinasi air serta pati dari umbi garut sebagai kental itu bisa jadi salep untuk mengolesi serta membantu mengobati luka luar.

11. Baik untuk memperlancar peredaran darah

Umbi garut mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi ini sangatlah baik untuk memperlancar peredaran darah, di mana dengan lancarnya peredaran darah, jadi badan anda bakal merasa lebih sehat serta bumbi garut, dan bisa menghindar timbulnya tanda-tanda anemia.

12. Membantu menjaga ketahanan tubuh

Umbi garut juga baik untuk melindungi ketahanan serta kemampuan badan. Dengan kandungan mineralnya yang banyak, umbi garut sangatlah baik untuk badan anda, lantaran bisa tingkatkan energI, sekalian stamina dan kemampuan badan.

13. Daun umbi garut dipakai juga sebagai pembungkus

Bukan sekedar umbinya saja, tetapi juga daun daru umbi garut dapat juga digunakan. Umumnya daun dari umbi garut ini kerap digunakan juga sebagai pembungkus makanan maupun pembungkus bahan yang biAsa di jual di pasar, seperti pembungkus daging serta bahan yang lain.

14. Baik untuk kesehatan otak

Manfaat umbi garut memilki kandungan asam folat. Asam folat adalah salah satu senyawa yang memilki fungsi utama dalam mebantu perkembangan serta perubahan otak. Hal semacam ini bisa menolong tingkatkan kecerdasan seorang, terlebih pada masa-masa perkembangan.

15. Baik untuk melindungi kesehatan pencernaan

Terakhir, umbi garut juga memilki kandungan serat yang tinggi. Serat adalah satu diantara kandungan terutama yang bisa membantu memperlancar pencernaan anda, hingga anda bisa terlepas dari beberapa gejala serta masalah pencernaan, seperti sembelit, diare serta wasir.

Type umbi garut ini umumnya kerap ditanam didalam pekarangan rumah, serta kebun, tetapi tidak sering digunakan juga sebagai komoditas yang di jual secara umum. Lantaran popularitasnya masih tetap kalah dengan type umbi-umbian yang lain, seperti singkong, ubi serta umbi yang lain yang gampang didapati di pasaran.

Nah, itulah manfaat dari umbi garut. Bagaimana? Menarik bukan? Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan anda sekalian.

Share this:

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.

Tidak ada komentar

Copyright © 2015. MIXTUREZONE - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger